Jumat, 21 Oktober 2011

JUM'AT, Hari ini Kiamat !!


Jum’at berasal dari kata jama’a (Bahasa Arab) yang artinya berkumpul. Ada pendapat, dinamakan hari jum’at karena pada hari itu, berkumpul segala kebajikan. Ada juga yang mengatakan, pada hari itu Adam berkumpul kembali bersama Hawa setelah diusir dari surga. Dan juga, pada hari jum’at kaum muslimin berkumpul untuk melaksanakan ibadah shalat jum’at.

Hari jum’at disebut-sebut sebagai hari yang paling baik di antara hari-hari yang lain (sayyidul ayyam). Adam di ciptakan Allah swt dari saripati tanah (Adiim al-ardh) pada Hari Jum’at, karena itu dinamakan Adam. Pada hari Jum’at, sekitar 600 ribu penghuni neraka mendapat revisi dari Allah. Dan siapa saja yang meninggal pada hari Jum’at, akan mendapatkan pahala syahid.

Rasulullah memberitakan melalui hadisnya bahwa hari kiamat akan terjadi pada hari Jum’at. 


خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيْهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيْهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ إِلاَ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Artinya:

Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya adalah hari jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan surga, pada hari itu dia dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari jum’at. (HR. Muslim no: 854, dari Abu Hurairah) 

Jadi teringat ramalan kiamat yang akan terjadi hari ini, he he.. Peramal kiamat asal California, Amerika Serikat, Harold Camping, kembali memperingatkan umat manusia sejagat agar bersiap-siap menghadapi kiamat yang bakal datang pada Jumat, 21 Oktober 2011. Klik di sini!

حديث ابن عمر عن النبي-صلى الله عليه وسلم-: "من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة سطع له نور من تحت قدمه إلى عنان السماء يضيء له يوم القيامة، وغفر له ما بين الجمعتين".
Artinya :

"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum'at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat."

Imam Syafi’i mengatakan, “Hari yang paling baik adalah Hari Arafah, setelah itu hari Jum’at, dan kemudian hari raya idul adha dan hari raya idul fitri. Sedangkan malam-malam terbaik adalah, malam lailatul qadar, malam jum’at, lalu malam isra mi’raj.”

Jazk..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar