Minggu, 16 Oktober 2011

Terang bulan ikan pun sepi


Kemarin dan kemarinnya lagi, pertanyaan yang sama terus mengusik pikiran saya yang kelabu. Yaitu apa yang membuat saya tidak berhenti, jika saya tidak menyukai sesuatu. Misalnya saja ; saya tidak suka jalan-jalan dengan si A, saya tidak suka menghabiskan waktu mengobrol dengan si B, saya tidak suka si C mengikuti kegiatan saya terus,, dan banyak lagi yang lainnya. Dan saya datang dengan satu kesimpulan mengapa saya tak jua berhenti jika saya tidak menginginkan melakukan sesuatu,”halah ngomong apaan ya ini saya,,cape dechhh,, ok stop,,ngebahas yg lain aja dech ya..

Di daerah tempat sy tinggal banyak nelayan bermukim,maklum tempat sy tdk jauh dari bibir pantai, nah setiap masa pertengahan bulan ,yaitu masa bulan purnama ,nelayan2 pada ngeluh tidak dapat penghasilan,,pernah juga sy singgah di warung makan, maksudnya mo makan ikan laut,si punya warung ngomong begini wah mas ikan lg kosong , kalaupun ada mahal,lagi musim terang bulan,ucapnya,,hmm sy yg orgnya emng pengen tahu mencoba nanya suatu saat dgn seorang nelayan..

purnama dan nelayan yg malang
 Maaf pak mo nanya “ucap saya,,knapa kalo musim terang bulan gak dapet ikan,,si nelayan menjawab”lampu di rumpon yg biasa tuk mengumpulkan ikan kalah terang dgn cahaya bulan”begitu katanya...hmm,, dalam hati sy masih kurang memuaskan jawabannya..

Mungkin sobat2 blogger sewaktu SMU ingat pelajaran IPA,tentang gravitasi bulan pengaruhnya dgn air laut..,,baiklah sy simpulkan..rotasi bulan dgn bumi kita berbentuk ellips, nah saat terang bulan atau purnama, posisi bulan berada dekat dgn bumi, jadi pengaruh gravitasi bulan mempengaruhi arus bawah  laut yg kencang sekali (sedang musim badai di dalam air ), jadi pd saat musim terang bulan ikan byk bersembunyi di balik2 karang soo plankton2 yg juga jd santapannya tersapu arus yg kencang td akibat gravitasi bulan..jadi bisa di katakan saat terang bulan ikan2 pada puasa,, hehe(ini serius loh) coba tanyakan para pemancing2 dilaut kalo lg terang bulan hasilnya nihil,, berdasar sumber2 yg ada loh,,,

Demikian saja postingan yg sederhana ini sy tuangkan,, jikalau ada sobat2 blogger mau menambahkan,,silahkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar