Senin, 10 Oktober 2011

Gerimis dan Laron

sehabis solat magrib dimalam itu udara terasa sangat  dingin, Sisa gerimis sore itu masih tampak, Langit pun masih terlihat kaku kelabu. Aku duduk merenung di teras rumah sengaja ingin menikmati sisa2 gerimis mlm ini...hmm sambil merenung samar2 Dari kejauhan terlihat seseorang sdg menuju ke rumah ,berharap yg datang sesosok wanita,eh gak taunya pak RT yg datang,(iya sy ada janji  dgn pak RT malam ini mengenai penjualan rumah yg sy tempati).

Tidak berapa lama ,lagi serius ngobrol ntah datang dari mana tiba2 beratus2  laron berbodong-bondong mengerubungi lampu teras ,,karena menabrak2 lampu teras sebagian berjatuhan tepat di atas kepala kami.sambil kami mengobrol di ganggu laron2 ,pak RT berucap begini”wah kasian ya laron nya jatuh2 sayapnya pada patah,,gak bisa terbang lagi,”ucapnya..

 Saya Cuma senyum2 saja apa yg baru di ucapin pak RT tadi, lalu saya jelaskan(ini di sela2 obrolan yg serius), putusnya sayap laron emng di sengaja laronnya pak,,ucap sy,,,loh kok gitu pak RT menyela... begini pak ,laron mempunyai sayap dan bisa terbang Cuma sebentar. Di saat musim penghujan ya musim kawin mereka juga jadi tujuannya laron terbang secara insting mereka mencari tempat yg hangat untuk mencari pasangannya. Setelah menemukan pasangannya, maka mereka akan memutuskan sayapnya dan akan berjalan beriringan mencari celah di tanah untuk membentuk koloni baru(koloni rayap). Jadi laron yang telah memutuskan sayapnya dan telah menemukan pasangannya akan menjadi Raja dan Ratu dikoloni (rayap)yang baru.

“Loh nak kok bisa tau, emng dulu kuliah jurusan apa”ucap pak RT.,saya teknik pak jurusan arsitekture..ucap saya sambil senyum sedikit...pak RT Cuma ngangguk2 saja,,mungkin nanya dalam hati .apa hubungannya ya tehnik dgn biologi....
smoga postingan yang sederhana ini bisa sedikit mengingat bagi yg sudah tau tentang hidup laron..salam sahabat ..sobat2 blogger..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar