Selasa, 27 September 2011

jus yang pakai es,gelasnya bocor


Pernah seorang temen memberi pertanyaan sederhana ,,sederhana2 agak2 butuh pemikiran lah menjawabnya..kebetulan pada saat itu lagi duduk di warung makan nah di meja yg kami pesan ada 2 gelas jus jeruk yg 1 pake es<----ini pesenan saya ntah knapa sy suka sesuatunya yaitu jus  slalu pake es,, yg 1 lagi jus jeruk hangat<-----ini pesenan temen saya..
Temen saya nanya begini,,loh yang pake es rugi loh,,hmm,, knapa jawab sy..tuh bocor merembes di luar gelas..sahutnya,,mmg sih kalo yg pake es kan sisi luar gelas pasti juga ikut basah<----dikiranya ini dari rembesan dari air di dalam gelas,,kalo yg hangat kan tdk basah sisi luarnya tetap kering......................

.
 Hmm, berpikir sebentar tuk menjawabnya...baiklah mencoba jelaskan.. Udara yang ada sekitar kita mengandung uap air yg sering kita sebut dgn( kelembaban). Ketika gelas diisi es, gelas menjadi dingin. Udara yang bersentuhan dengan gelas dingin ini akan turun suhunya.
Uap air yang sebagian juga berasal dari gelas kamu yg hangat dan juga yang ada di udara pun ikut mendingin(terutama di sisi luar gelas yg ada esnya) karena media kaca sgt mudah menyerap dingin. Jika suhunya sudah cukup dingin, maka kelembababan udara akan mengembun membentuk tetes-tetes air di bagian luar gelas. 
Jadi titik2 air di sisi luar gelas bukan berasal dari dalam gelas.tetapi dari luar gelas,,nah loh malah menambah airnya loh dari yg hangat candaku dgn temen itu...temenku ya Cuma mengangguk2 mencoba memahami juga,,hehe
Ini hanya postingan intermezo,,saja ya sobat blogger,,soo mungkin juga temen saya itu bercanda dari pada gak ada yg di omongi atau dia lg menguji pengetahuan saya,,hehe,,maaf juga nih ya,,nih postingan penting gak penting smoga menambah pengetahuan sedikit ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar