Selasa, 15 November 2011

Es teh manis dan teh Manis panas

tahun ini merupakan tahun2 yang sibuk bagi saya . Inginnya saya mengeluh dan protes saja. rasanya seberat apapun, memaksa seperti apapun saya bekerja, ternyata itu tidak pernah cukup untuk semuanya. Orang-orang di kantor. Bos, staf, orang-orang yang merasa bos, semuanya menyerang dari berbagai sudut. Seandainya saja ini adalah perang. dan menjelang desember nanti  saya bisa bertahan, mungkin gambarannya sayaakan terluka parah.

hmm terkadang saya mempertimbangkan untuk menyerah saja. Memang tidak mungkin menyenangkan semua orang." mengerutu" hmm saya tidak suka dengan kata2 itu.. Otodidak, belajar cepat, saya menjadi terbiasa dengan itu semua. Bertahun mengais rejeki di bidang yang sama,dengan beban yang terus meningkat, menjadikan saya pribadi yang sedikit berbeda dan membuat saya berusaha terus kuat dan berusaha mampu tuk menghadapi berbagai hal masalah2 pekerjaan dan lebih luasnya lagi masalah2 kehidupan saya.hmm,, males dech mikir yang berat berat..hehe :)

oke dech sedikit intermezo,,beberapa hari yang lalu di jam istirahat ,bertiga dengan teman mencari tempat makan yang agak jauhan dari letak kantor, sesekali.(kebiasaan exploring ke tempat2 makan yang baru)

dan seperti biasa saya dan satu orang teman memesan es teh manis. teman satunya lagi teh panas, tidak berapa lama menunggu sebelum makanan disajikan ,pesanan minuman pun datang terlebih dahulu.dan seperti biasa pula saya selalu memperhatikan secara detail dgn apa yg diantar dgn pemilik warung, terlihat perbedaan menonjol es teh dgn teh panas ,terutama di es teh gulanya masih utuh terlihat."hmm ini dia bisa jadi pembahasan yg menarik ,yang pake es aduk sendiri"ucap saya .."tinggal aduk aja yg lama napa sih" ucap teman saya.

hehe saya sudah menebak pasti salah satu teman namanya irwandi(semoga tuh temen gak baca postingan ini) akan menyela, karena kalau saya berteori tentang fisika di kehidupan sehari2 dia paling anti.tapi walau begitu biasanya juga saya akan tetap menjelaskan..dari pada ngomongi gosip2 gak jelas,,hehe,,ok saya akan mencoba jelaskan..hitung2 mengingat kembali pelajaran smp,:)

didalam segelas air ada juga celah2 kosong di antara molekul2 air.nah yang namanya gula melarut ,molekul2 gula akan menempati celah2 kosong diantara molekul2 air..kalau air dalam kondisi dingin tuh molekul2 air diam saling merapatkan posisinya diantara molekul2 air yang lain( ternyata air kalau kedinginan merapat2 jg ya kirain org saja yg begitu).jadi kita aduklah tuh air dgn sedikit extra agar terbentuk celah2 kosong di antara molekul2 air itu.

nah kalau teh panas tuh molekul2 air bergerak cepat kesegala arah dengan sendirinya(mungkin tuh air gelisah karena kepanasan kale ya) , sehingga tercipta ruang2 kosong dgn sendirinya,makanya gula tuh cepet larutnya menempati ruang2 kosong diantara molekul2 air,walau tanpa di aduk.

sedikit saya tambahkan mungkin banyak orang2 pada umumnya mengira bahwa molekul air dan gula itu kalau di aduk sudah menyatu satu kesatuan sebenarnya kan tidak molekul2 gula hanya menempati celah2 kosong diantara molekul2 air,, saya kasi contoh misal tuh teh manis kita tumpahkan dilantai, nah setelah lama airpun menguap sisanya kan tinggal molekul2 gula yang kalau di sentuh istilahnya peliket gitu,, lengket2 lah,,hehe..nah hal ini sama juga dgn molekul air di laut dgn molekul2 garam, yang kalau air laut di jemur sisanya tinggal garamnya yg tertinggal..

coba bayangkan kalau molekul2 air itu menyatu dgn gula ataupun garam di laut tadi,, bisa2 ntr kadang hujan rasanya asin kadang rasanya manis,,hehe belum pernah kejadian kan,,..lah ini ngomongi apa yah dari teh manis kok jadi hujan,,ohh iya ini november rain kan..kebetulan juga saya nulis ini pas lagi hujan juga..hehe..
 gimana semoga penjelasan intermezo ini di mengerti ya...:)  terus terang saja temen2 kantor kalau saya lagi jelaskan yg begini ini nih kalau yg tdk suka fisika sambil lalu saja..yah saya sih maklum terkadang ego juga bermain di kepala2 mereka..hehe tapi biarlah saya akan tetap menebar kebaikan dan pengetahuan walau kecil dan sederhana..

nb: Sobat2 blogger yang ikutan giveaway saya sabar ya pengumuman pemenang tanggal 20 jam 7.00. maklum yang seleksi bukan  saya saja loh,,temen kantor  + temen yang lain juga..di tunggu ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar