Sabtu, 19 Mei 2012

Kenapa truk tangki bentuk wadahnya silinder


Sampai hari ini saya masih mengejar-ngejar waktu yang terus seperti menjauhi saya,bukan maksudnya saya yang menunda2 pekerjaan,tetapi oleh banyaknya hal2 external di luar pekerjaan yang banyak menyita pikiran dan waktu saya, hal external yang dimaksud diluar dari seputar ol dan ngeblog loh ya,..hmm hanya sekedar curcol..

Setiap saya pergi dan pulang dari kantor pemandangan yang selalu saya lihat adalah laut dan pelabuhan petikemas .Terlintas saya memperhatikan Tak henti hentinya truk2  pengangkut petikemas hilir mudik keluar masuk pelabuhan sesekali truk dengan wadah silindernya pengangkut minyak dan bahan baku cair juga hilir mudik  ada hal menarik  membuat saya  sering bertanya tanya. 

 Mengapa truk pengankut minyak dan bahan baku cair bentuknya silinder,,kenapa tidak di samakan saja bentuknya kotak seperti petikemas. Setelah searching sana sini di google,menemukannya malah rumus fisika,,tentang kelebihan bentuk silinder dalam mengatasi beban..jadi teringat catatan saya tentang sumur kok selalu melingkar
Jadi begini ,Minyak , gas dan bahan baku cair lainya adalah fluida yang mempunyai sifat mudah mengalir dan mudah mengalami gejolak atau turbulensi (gerakannya kacau) jika terkena goncangan. Nah karena wadahnya silinder inilah bila terjadi goncangannya gelombang beban zat cair yang menghantam sisi melengkung akan terbagi rata  bebannya  sehingga beban di dalam tetap stabil,,jadi truk walaupun dalam keadaan melaju kencang ,truk tangki tidak akan terguling dan tetap stabil.

hmm,,agak sedikit bingung ya penjelasan di atas, okelah akan sy coba beri ilustrasi sederhana--->kita berkendara  di kondisi jalan yang tikungannya melengkung ,biasanya di daerah pegunungan nih walaupun berbelok belok kita bisa tetap melaju dengan stabil tanpa menurunkan kecepatan.. nah coba bandingkan dengan di kondisi jalan yang belok patah 90 derajat,kalau kita melaju dengan kecepatan sama di belokan patah itu maka kita akan terlempar. <--nah ini sebagai gambaran zat cair di dalam wadah silinder (yang saya anggap jalan melengkung tadi) setiap terjadi goncangan tidak akan terlempar2 tetapi kalau melaju di jalan yang berbelok patah sudut 90 derajat (yang saya anggap wadah kotak tadi)  akan serasa terlempar lempar.  .

jadi kebayang kalau mobil tangki wadah bentuknya kotak persegi. Maka bila terjadi goncangan akan terjadi gelombang kejut beban zat cair akan menghantam  salah satu sisinya yg datar,,bisa2 truk yang melaju kencang jadi tidak stabil karena hantaman zat cair yg bergoncang di bidang datar wadahnya ,truk bisa terguling.

Semoga penjelasan saya yang simple dan agak sedikit menmbingungkan ini tidak membuat sobat2 membacanya jadi tambah bingung ya :)  karena ada sedikit pemahaman ilmu fisika disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar